Jumat, 01 Oktober 2010

Penyelewengan Dana BOS

   Di masa yang sulit keuangan ini sulit untuk meningkatkan pendidikan yang ada di indonesia ini, padahal banyak cara untuk meningkatkan angka pendidikan salah satu nya dengan dana BOS.



Dana BOS merupakan dana bantuan dari pemerintah untuk anak-anak yang tidak mampu. Hal tersebut sudah berjalan secara 5 tahun. Dana tersebut disalurkan melalui sekolah-sekolah yang sudah diberi uang untuk disalurkan ke anak-anak yang tidak mampu. Dana BOS pertama kali di luncurkan pada tahun 2005 yang bertujuan untuk mengurangi angka putus sekolah. Hal ini didasari oleh kenaikan angka putus sekolah yang ada di Indonesia ini. rendahnya tingkat pendidikan yang ada di indonesia ini kita bisa meningkatkannya dengan cara kita mengurangi angka putus sekolah dengan demikian kita bisa menaikkan angka pendidikan.



Akan tetapi dana yang sudah dikeluarkan pemerintah untuk mengurangi angka putus sekolah itu sering di korupsi oleh pihak sekolah yang tidak bertanggung jawab. Bahkan tidak ragu-ragu kepala sekolah pun yang seharusnya kita teladani mengkorupsi dana tersebut. Bahkan ada murid-murid yang seharusnya mendapatkan dana tersebut tetapi dana itu tidak disalurkan langsung ke sang penerima dana itu seharusnya. Hal ini dikarenakan pihak pemerintah kurang memperhatikan kemana dana itu berjalan, seperti yang saya kutip di http://m.kompas.com/news/read/data/2010.08.11.09530331 banyak para orang tua yang tidak tahu tentang berapa dana yang mereka dapat atau informasi lainnya tentang dana bantuan operasional sekolah (BOS). Seharusnya kementrian pendidikan nasional (KEMENDIKNAS) lebih melakukan pendekatan ke orang tua murid agar para orang tua murid bisa mengerti apa itu dana BOS. Atau mungkin bisa dengan melakukan penyuluhan keliling ke sekolah-sekolah yang terdaftar dalam pemberian dana BOS tersebut sehingga bisa membantu para orang tua siswa dalam mengerti bagaimana cara kerja dana BOS tersebut, dan hal tersebut bisa mengurangi dugaan penyelewengan dana BOS tersebut.


Dana BOS sekarang menjadi harapan untuk anak-anak yang putus sekolah atau anak-anak jalanan yang tidak dapat bersekolah. Tetapi banyak sekali pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang mengkorupsi dana tersebut. Padahal itu harapan satu-satu nya bagi anak-anak tersebut. Mungkin banyak dari kita yang bisa bersekolah dengan mudah tetapi kita tidak memanfaatkannya dengan baik, seperti kuliah yang putus di tengah jalan, padahal biaya kuliah itu sangat mahal sekali. padahal salah satu hal yang bisa membuat bangsa kita maju adalah dengan pendidikan.dan dengan naiknya tingkat pendidikan di indonesia ini mungkin kita bisa menjadi bangsa yang maju di masa depan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar