Selasa, 06 Mei 2014

Implementasi Komputasi Modern di ilmu pengetahuan Matematika



Matematika Komputasi adalah ilmu yang mengintegrasikan matematika terapan dan ilmu komputer. Banyak masalah industri, juga masalah dalam bidang teknik, kesehatan, sains, bisnis, dan ekonomi dapat dimodelkan secara matematika dan disimulasikan dengan bantuan komputer, dengan tujuan untuk mendapatkan solusi dari masalah tersebut. Karena itu, sangat diperlukan orang-orang yang memiliki pengetahuan dan keahlian dalam simulasi komputer dari model matematika, dan mampu menganalisa dan mengkomunikasikan hasil simulasinya kepada orang lain.  


Metode Komputasi Matematika dalan Bidang Pertanian
                      
Penggunaan komputasi matematika di bidang pertanian telah menjadi tak tergantikan sebagai pengembangan industri pertanian paling modern. Hal ini digunakan dalam banyak hal dalam bidang pertanian seperti pencatatan/pendataan, pemupukan, menentukan jumlah  tanaman yang akan ditanami sehingga dapat mencapai keuntungan yang maksimum, dan  menentukan apa dan berapa banyak obat yang akan diberikan pada pakan ternak. Di peternakan sapi perah digunakan untuk memberikan jumlah yang tepat dari makanan setiap sapi berdasarkan jumlah susu sapi yang dihasilkan. Anda bisa menentukan kapan memasarkan produk Anda agar memberikan keuntungan terbaik.
            Banyak sekali peran dari komputasi matematika dalam bidang pengembangan pertanian. Nah pasti timbul pertanyaan dari Anda semua, apa sih sebenarnya komputasi itu?. Sekarang akan kita lihat kejelasannya sebagai berikut:
Komputasi bisa diartikan sebagai cara untuk menyelesaikan sebuah masalah dari inputan data dengan menggunakan algoritma.teknologi komputasi adalah aktivitas penggunaan dan pengembangan teknologi komputer, perangkat keras, dan perangkat lunak komputer. Ia merupakan bagian spesifik komputer dari teknologi informasi.
Pencetus dari dasar – dasar komputasi modern pertama kali adalah John Von Neuman. Ia adalah ilmuwan yang meletakkan dasar – dasar komputasi modern. Semasa hidupnya Von Neumann telah menjadi ilmuwan besar abad 21 dengan meningkatkan karya – karyanya tidak hanya dalam bidang matematika, teori kuantum dan game theory, namun juga fisika nuklir dan ilmu komputer. Beliau juga salah seorang ilmuwan yang berpengaruh dalam  pembuatan bom atom di Los Alamos pada perang Dunia II.


Matematika komputasi beroperasi atau berperan melalui partisipasi dalam   proyek-proyek penelitian terapan untuk materi yang relevan untuk pertanian nasional,seperti :


v  studi tentang kuantitatif epidemiologi dan imunologi dari penyakit kaki dan mulut , serta anemia menular equines , dan penyakit lainnya yang berdampak pada hewan ternak.

v  ramalan dan penanganan masalah risiko dalam sayuran dan kesehatan hewan.

v  analisis dinamika populasi hama dan musuh alami mereka dalam kontrol biologis hama konteks.

v  penilaian dinamika ruang- waktu kegiatan pertanian dan dampaknya lingkungan , ekonomi dan sosial

v  optimalisasi portofolio kegiatan , dan skala dan ruang lingkup studi ekonomi dari kondisi ekonomi yang spesifik lingkungan dan sosial dari perusahaan pertanian

v  Penilaian bio - ekonomis sistem produksi pertanian dan proses

v  analisis perkembangan tanaman , sistem budidaya dan penanganan mereka

v  berdasarkan faktor-faktor biotik dan abiotik.

v  penilaian dampak sistem pertanian , termasuk audit dari gas rumah kaca , kekuasaan dan nutrisi.

v  analisis skenario untuk penilaian intervensi melalui kebijakan pemerintah.

v  analisis dan penanganan pupuk dan produk koreksi tanah di bidang pertanian .

v  analisis penggunaan residu dan co - produk di bidang pertanian dan antarmuka agro -industri mereka.

v  menerapkan analisis grafis dari perilaku waktu indeks pertanian dan komoditas .

v  pemodelan struktur pertumbuhan tanaman .
Sungguh banyak sekali peran matematika komputasi dalam  pengembangan bidang pertanian. Dari berbagai hal yang disampaikan diatas masih sedikit, karena masih banyak sekali implementasi dari komputasi matematika dalam pengembangan bidang pertanian.

Referensi :
http://www.cnptia.embrapa.br/content/computational-mathematics-laboratory-labmac.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar