Senin, 11 Juni 2012

Tools yang bisa digunakan dalam mengukur Website

Dalam Tugas saya kali ini saya akan menjelaskan tentang tools-tools yang bisa kita gunakan dalam mengukur website sehingga kita bisa mengetahui nilai yang akan di dapat dari suatu website ataupun blog. di sini terdapat banyak jenis tools yang bisa kita gunakan untuk mengukur nilai dari suatu website ataupun untuk mengukur kepopuleran suatu blog. disini yang akan saya bahas hanya 3 yaitu, YSLOW, SeoAnalyser, GTmetrix.
 
 
 1. YSLOW

YSlow menganalisa kinerja halaman web dengan memeriksa seluruh komponen pada halaman web, termasuk komponen dinamis yang dibuat dengan menggunakan JavaScript. YSlow juga memberikan saran perbaikan dan optimalisasi kinerja website. YSlow dapat diintegrasikan dalam plugin Firefox dan Chrome. YSlow membuat Rules atau aturan yang disepakati pengembang YSlow dan berhasil mengidentifikasi 23 aturan yang mempengaruhi kinerja halaman website. YSlow mengklaim peningkatan 25% sampai 50% kinerja halaman website dengan menggunakan aturan YSlow. 





Kelebihan YSlow : 
- Bisa mengetahui ukuran file setiap elemen/komponen yang menjadi penyusun halaman website/blog. Dari hasil data tersebut, kita bisa tahu elemen mana saja yang berpotensi memperberat ‘loading-page’ (pemuatan halaman). Dari situ pula kita bisa mempertimbangkan kembali penggunaan elemen-elemen tertentu. Setidaknya berusaha memangkas ukurannya agar tidak terlalu besar.

- Bisa tahu berapa jumlah ‘HTTP request’ dari halaman yang kita tes. Termasuk berapa jumlah file total yang menyusunnya. Dari hasil rekomendasi YSlow, kita bisa tahu elemen/komponen mana saja yang masih perlu dioptimalkan agar performa blog kita bisa lebih baik.

Kekurangan YSlow :
- Jika terjadi kesalahan CSS tidak menunjukan solusi nya.



2. SeoAnalyser 

Makin tinggi score yang dihasilkan dari pengukuran menggunakan alat ini, makin bagus pula kekuatan website tersebut di mesin pencarian. Artinya, SEO-nya makin kuat. Nah, salah satu alat pengukur kekuatan SEO yaitu SEOANALYSER. Cara menggunakannya sangat mudah. Anda tinggal memasukkan nama domain atau URLwebsite yang ingin Anda tes kekuatan SEO-nya. Cukup dengan mengunjungi situs seoanalyser.net, lalu mengisi kolom yang ada dengan URL atau domain situs web yang ingin Anda tes. Diikuti dengan mengklik tombol Check. Setelah itu, tunggulah hasilnya. Saya ambil contoh domain blog yang saya search di google yaitu (kafegue.com). Hasil pengukuran menunjukkan bahwa blog ini memperoleh score 85% .

Ada 3 jenis keterangan yang mencerminkan perolehan score sebesar itu, yakni:
1. warnings, ternyata blog ini tidak ditemukan warnings sedikit pun. Horeeeeeeeeee… :)
2. notes, ada 3 catatan khusus pada blog ini (yaitu ada beberapa gambar yang tidak mengandung atribut alt, tidak terdaftar didirektori Dmoz, serta google pagerank yang masih di bawah 4)
3. successfully, ada 21 poin yang berhasil dipenuhi oleh blog ini pada mayoritas kriteria penilaian yang ditentukan sebagai dasar pengukur performa SEO-nya

Kelebihan dari tools tersebut adalah :
1. Peta situs (sitemap) untuk kemudahan navigasi, dan kemudahan mesin pencari dalam mengindeks konten-konten website kita
2. terdapat file robots.txt untuk memberitahu mesin robot tentang bagian mana yang boleh diindeks
Kekurangannya adalah :
1. Terdapat trik seo dasar yang sangat berpengaruh pada web.
2. Penggunaaan tag heading perlu diurutkan dari yang terbesar sampe yang terkecil..



3. GTmetrix

GTmetrix adalah websiteuntuk menganalisa kecepatan web yang tersedia secara gratis, dengan menggunakan google page speed dan Yahoo YSlow sebagai analyze engine dan untuk menampilkan hasil serta rekomendasi yang harus dilakukan.
Dengan GTmetrix juga dapat membandingkan beberapa URL sekaligus dan jika mendaftar sebagai anggota maka dapat:
  • melihat tes sebelumnya  untuk membandingkan hasilnya
  • menjadwalkan cek website secara otomatis
  • menyimpan laporan
  • memilih hasil laporan untuk ditampilkan kepublic atau tidak

Kelebihan GTmetrix :
  • Dapat menggunakan google page speed dan YSLOW sebagai analyze engine.
  • Dapat membandingkan beberapa URL sekaligus
  • Menjadwalkan cek website secara otomatis
  • Dapat menyimpan laporan
  • Memilih hasil laporan untuk ditampilkan kepublic atau tidak.
Kekurangan GTmetrix :
  •       Jika menggunakan GTmetrix harus menggunakan internet yang cepat.


Sumber: http://toolsmengukurwebsite.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar