Kamis, 04 November 2010

individu, keluarga, dan masyarakat

kita sebagai suatu masyarakat tidak bisa hidup sendiri. kita harus mempunyai sesama, seperti tetangga, keluarga, teman-teman dll. mungkin banyak orang yang berfikir kita bisa hidup sendiri, tapi hanya sedikit orang-orang yang berfikiran seperti itu karena kita tidak akan sanggup hidup sendiri. mungkin karena kita membutuhkan satu sama lain untuk berinteraksi.


seseorang pasti membutuhkan interaksi, kita ambil contoh seperti anak bayi, jika sang anak tidak berinteraksi dengan keluarganya maka dia tidak akan bisa belajar apa-apa, dia tidak akan bisa belajar berbicara, berjalan dll. saat dia sudah besar dia harus berinteraksi dengan masyarakat yang ada disekitarnya, karena jika dia tidak berinteraksi  maka dia tidak akan bisa bekerja karena tidak adanya interaksi tersebut.

bagian terkecil dari masyarakat adalah keluarga lalu selanjutnya adalah tetangga, sahabat/teman, masyarakat sekitarnya. keluarga adalah bagian terkecil dari suatu masyarakat. dari keluarga ini seseorang bisa belajar untuk pertama kalinya. Adapun fungsi-fungsi keluarga yaitu
  1. Funsi biologis
  2. Fungsi pemeliharaan
  3. Fungsi Ekonomi
  4. Fungsi Keagamaan
  5. Fungsi Sosial
masyarakat adalah bagian terbesar, dan di dalam masyarakat ini seseorang bisa belajar untuk berinteraksi dengan orang lain yang tidak dikenalnya. dan dari berinteraksi dengan orang lain maka dia bisa manambah kerabat yang bisa membantu untuk belajar hal-hal yang baru.

kita sebagai makhluk sosial membutuhkan orang lain, oleh karena itu kita harus bersikap yang baik dengan orang di sekitar kita kalau tidak kita akan sulit bersosialisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar